Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Arsip

Simak Ukuran Koper Kabin Pesawat Berikut Sebelum Liburan

Posting Komentar

 

Simak Ukuran Koper Kabin Pesawat Berikut Sebelum Liburan

Liburan kenaikan kelas telah tiba. Beberapa orang menghabiskan masa libur untuk mengunjungi nenek di kampung halaman. Beberapa orang lainnya memilih untuk menjadi pelancong di tempat tempat wisata.

Alat transportasi yang dipilih pun beragam. Salah satunya pesawat yang dinilai lebih aman dan nyaman untuk perjalanan.

Liburan dengan pesawat, seharusnya memperhatikan ukuran koper kabin pesawat yang dibawa. Adapun barang-barang yang bisa masuk kabin merupakan barang yang berukuran tidak besar dan mudah diambil. Yaitu koper kecil. Kira kira berapa ya ukuran koper kabin pesawat? Simak yuk, sebelum pergi liburan.

Ukuran Koper Kabin Pesawat

Sebagian dari penumpang pesawat lebih suka membawa koper kabin pesawat karena lebih praktis. Tidak perlu menunggu waktu lama untuk antri di bagasi bandara. Penumpang juga dapat memantau koper karena letaknya yang berdekatan sehingga meminimalisir risiko kehilangan barang.

Namun, perlu penumpang ketahui bahwa setiap maskapai penerbangan memiliki aturan mengenai ukuran dan berat koper kabin. Secara umum ukuran koper kabin pesawat tidak lebih dari 56 cm dengan lebar 45 cm, dan tinggi 25 cm.

Selanjutnya, berat koper kabin pesawat tidak melebihi 7 kilogram. Berat ini sudah mencangkup roda, kantong koper, sampai gagang koper. Jika melebihi berat tersebut maka akan diletakkan di bagasi pesawat.

Bagasi pesawat sendiri adalah tempat penumpang meletakan barang bawaannya dengan jumlah lebih besar dari 7 kg dan maksimal 20 kg, Jika lebih maka penumpang akan dikenakan biaya tambahan sesuai peraturan yang berlaku. Kapasitas koper kabin jelas lebih kecil dari pada koper bagasi, jadi harus memilah-milah mana barang yang seharusnya dekat dengan penumbang, seperti kebutuhan bayi, perlengkapan medis dan laptop.

Dilansir dari berbagai sumber berikut ini, perbedaan kebijakan maskapai penerbangan terkait ukuran koper kabin.

  1. Garuda Indonesia, ukuran maksimal koper kabin adalah 56 cm x 36 cm x 23 cm dengan berat maksimal 7 kg.
  2. Singapore Airlines, mengizinkan koper kabin dengan ukuran maksimal 55 cm x 40 cm x 20 cm dan berat hingga 7 kg.
  3. AirAsia, mengizinkan koper kabin dengan ukuran maksimal 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat maksimal 7 kg.
  4. Lion Air, memiliki batasan ukuran 40 cm x 30 cm x 20 cm dengan berat maksimal 7 kg.
  5. Emirates, memperbolehkan koper kabin dengan dimensi 55 cm x 38 cm x 20 cm dan berat hingga 7 kg.
  6. Qantas, mengizinkan koper kabin dengan ukuran 56 cm x 36 cm x 23 cm dan berat maksimal 7 kg.

Tips Memilih Koper Kabin

Tips Memilih Koper Kabin

Sebelum liburan, sebaiknya siapkan koper kabin yang tepat, sesuai dengan tempat tujuan dan maskapai penerbangan yang teman-teman pilih.  Sebelum memilih, perhatikan hal-hal berikut ini:

  1. Cari info tentang aturan maskapai terkait ijin serta berat maksimal koper kabin pesawat. Biasanya infonya tersedia di website resmi maskapai. Tetapi rata rata berat koper tidak lebih dari 7 kg.
  2. Pilihlah Koper yang berbahan material fleksibel mudah dibawa, dimasukkan dan dikeluarkan dari kabin.
  3. Pilihlah koper kabin yang memiliki kantong eksternal yang memudahkan untuk meletakkan barang-barang penting, namun mudah diambil seperti paspor dan tiket pesawat.
  4. Pilihlah Koper yang berbahan dasar ringan, termasuk roda, pegangan sehingga ditambah isi koper tidak lebih batas berat yaitu 7 kg.

Penutup

Memahami ukuran koper kabin pesawat sebelum liburan, dapat membantu perjalanan jadi lebih menyenangkan dan safety. Pastinya teman-teman tidak perlu lama antri untuk koper bagasi.

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar