Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Cari Tahu 8 Komponen yang Wajib Dicek Saat Service Motor

 

Cari Tahu 8 Komponen yang Wajib Dicek Saat Service Motor

Kapan terakhir kamu Service motor? Jika diingat-ingat sebelumnya aku adalah termasuk yang sangat abai soal service motor. Hingga suatu hari ketika sedang buru-buru pergi kerja ke sekolah. Motor matic yang kukendarai mengeluarkan bunyi aneh, nyendat-nyendat lalu mati sama sekali. Padahal posisi jalan sedang ramai.

Untung saja beberapa meter kemudian ada sebuah bengkel. Dengan rasa percaya, aku tinggalkan motor di bengkel tersebut. Berbekal akan dihubungi ketika motor sudah baik, aku ke sekolah dengan naik ojek.

Ternyata olinya sudah kering, seharusnya oli motor matic diganti secara rutin. Sejak hari itu aku notice ke diri sendiri untuk melakukan service atau perawatan pada motor matic secara berkala. Planetban.com memberi edukasi 8 komponen yang wajib dicek saat service motor untuk menjaga kinerja mesin tetap baik. Apa saja komponen tersebut, simak yuk!

Oli Mesin

oli mesin motor matic

Komponen motor yang wajib dicek pertama kali adalah Oli mesin. Oli memiliki fungsi sebagai  pelumas, pendingin, dan pelindung mesin. Rata- rata pabrikan merekomendasikan penggantian setiap di 2500 Km. Soal harga tergantung merek oli, biasanya harus membayar biaya pembelian oli dan jasa ganti oli ya sis!

Namun beberapa tahun terakhir sudah ada pabrikan / retailer otomotif yang sudah berani memberikan rekomendasi penggantian sampai 5000km / 2x lebih lama dari oli biasa. Ini dikarenakan oli yang mereka pasarkan sudah menggunakan teknologi ester. Jadi ya wajar sih kalo retailer ini mengklaim bisa 2x lebih lama dari oli biasa, karena memang ini adalah base oil tertinggi di kelas oli.

Oli Gardan

Yang kedua patut kamu cek adalah oli gardan, wajib diganti dengan waktu penggantiannya menggunakan rumus 2x ganti oli mesin, kemudian baru dibarengi dengan 1x ganti oli gardan. Mengingat fungsi oli gardan untuk melumasi gear yang ada di Continuously Variable Transmission (CVT).

Busi

Pada pengalamanku motor matic mati secara tiba-tiba. Ternyata busi tidak berfungsi dengan baik. Wajar jika motor tidak dapat di hidupkan lagi. Jalan satu-satunya adalah ganti busi. Sebab fungsi busi sendiri meneruskan tegangan listrik yang disalurkan oleh ignition coil menjadi percikan api yang akan membakar campuran udara dan bensin di ruang bakar sehingga mesin dapat menyala.

Kampas Rem

Kampas rem perlu dicek secara berkala. Baik rem depan dan belakang. Biasanya disarankan ganti rem jika sudah aus atau bocor. Sebenarnya pengendara sudah mulai merasakan jika mulai aus atau bocor, akan ada bunyi berdenyit saat mengerem. Rem pun tidak pakem. So, tentunya tidak ingin hal buruk terjadi, kecelakaan misalnya, Itulah alasan mengapa sangat penting cek kampas rem saat melakukan service motor.

Filter Udara

Filter udara sebaiknya di cek secara rutin, dibersihkan atau diganti jika sudah kotor agar udara yang masuk ke mesin bersih. Jadi filter udara ini fungsinga menyaring udara yang masuk ke ruang pembakaran agar jangan sampai ada kotoran yang masuk, kemudian menyumbat sistem injeksi dan karburator.

Aki atau Accu

Aki atau Accu juga komponen penting yang harus diperiksa dan di cek saat service motor. Jika tegangan aki tak sesuai ada kebocoran misalnya, atau kondisi terminal berkarat atau tidak layak harus segera diganti. Lampu, klakson, dan sistem kelistrikan lainnya akan mengalami gangguan  dan tidak berfungsi dengan baik tentu saja saat berkendara jadi tidak nyaman.

Ban

Periksa keadaan ban, baik ban luar maupun ban dalam. Apakah ban mulai tipis bahkan gundul? Tekanan udara di dalamnya juga penting dicek secara berkala. Tekanan udara yang kurang akan mengakibatkan ban mudah bocor dan masuk benda asing.

Tune Up Motor Rutin

Service motor tune up sangat dianjurkan yaitu memeriksakan semua komponen terutama komponen-kompenen yang berkaitan dengan performa motor secara keseluruhan. Seperti pada tekanan ban, kondisi lampu, membersihkan karburator (saringan udara), memeriksa tegangan rantai, rem, dan klakson. 

Sebaiknya serahkan kepada bengkel atau mekanik yang berpengalaman untuk melakukan service service motor tune up. Agar  menjaga performa motor matic dan memperpanjang umur mesinnya. Tune up ini juga meliputi ganti oli mesin, ganti oli gardan atau mengganti beberapa sparepart.

Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik

Cobain service di Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik

Salah satu bengkel yang recomended untuk service motor adalah Planet Ban. Mereka menawarkan service motor rasa mesin baru atau lebih dikenal dengan sistem servis terpadu.

Layanan tersebut memiliki tujuan agar siapa pun yang service motor di sana merasakan upgrade atau meningkatkan performa dan ketahanan motor dengan cara yang cepat dengan biaya lebih hemat. Planet Ban disebut-sebut sebagai bengkel servis motor terbaik karena fokus pemeriksaan dan perbaikan pada servis motor rasa baru, yaitu pemeriksaan dilakukan bagian vital yang letaknya tersembunyi dan jarang diservis, termasuk jarang dicek dan disetel rutin.

Jika kamu tertarik Melakukan Servis di Planet Ban kamu akan mendapatkan manfaat seperti: 

  1. Menggunakan oli dan cairan khusus berteknologi tinggi sehingga dapat meningkatkan performa motor dan memproteksi mesin. Otomatis, mesin jadi lebih awet ( jarang rusak).
  2. Jika dipadukan dengan penggunaan sparepart asli, maka pemakaian menjadi lebih nyaman, tahan lama, mesin dingin, dan tarikan enteng
  3. Ganti oli cukup setiap mencapai jarak tempuh 5000km saja (antara 4-6 bulan sekali), sehingga kamu tidak perlu sering ke bengkel. Selain itu, biaya servis jadi lebih hemat.
  4. Kamu bisa ikut memelihara dan menjaga lingkungan hidup karena emisi dan polusi dari motor berkurang.

Apa bedanya Servis Motor di Planet Ban dengan Tempat lain?

Bedanya banyak, dijamin service motor rasa baru. Di Planet Ban, kamu akan mendapati seluruh bagian atau part mesin akan dibersihkan hingga seperti baru. Bahkan kepala silinder, blok CVT, klep mesin, piston, throttle body, semuanya bersih dari sisa-sisa pembakaran, debu dan kotoran sehingga terlihat seperti mesin baru.

Berbeda di tempat lain, biasanya masih banyak kotoran, debu, dan sisa pembakaran yang tertinggal di beberapa bagian mesin motor. Bahkan sering pula ditemukan kotoran dan debu di blok CVT yang membuat motor jadi terasa berat.

Jadi, service motor di Planet Ban bikin motor kamu seperti punya mesin baru , suara bersih, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM, dan mesin jadi bersih total. Mau?

Dengan layanan service motor yang ditawarkan,  Planet Ban mematok harga yang terjangkau banget. Misalnya untuk service motor injeksi cuma Rp20.000,- service CVT sekaligus rantainya Rp19.500,- bahkan service throttle body juga cuma Rp20.000,- murah banget bukan?

Nah, tunggu apa lagi, yuk rasakan manfaat rutin cek kondisi motor di Planet Ban Bengkel Servis Motor Terbaik mulai dari sekarang.

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

29 komentar

  1. Ternyata banyak juga ya yang harus diperiksa saat servis motor. Itu tarifnya murah bangeet kalau servis di planet ban. Udah lah lengkap, biayanya juga murah, favorit deh inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malah siami saya sering isi angin gratis di dini hanya dengan menunjukkan kartu member

      Hapus
  2. perkara ganti oli yang kadang suka lupa nih kaum hawa kayak saya. soalnya kadang asal motornya masih bisa jalan ya berarti baik-baik aja. hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwk, iya sih kalau udah ngadat baru mau servis ternyata gak baik ya kak, malah keluar biaya banyak

      Hapus
  3. Seneng banget uda ada harga yang ditampilkan saat akan service motor. Sehingga ada bayangan kalau melakukan perbaikan ini dan itu habisnya berapa. Senengnya, Planet Ban kini sudah hadir di banyak titik di kota besar. Sehingga gak sulit untuk mendapatkan pelayanan service motor terbaik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak, kalau ada perlu yang diganti juga dikomunikasikan dulu kok

      Hapus
    2. Nah, ini seneng banget memercayakan kendaraan keshayangan di tangan profesional di Planet Ban. Kalau dikomunikasikan, enaknya bisa menyesuaikan budget dan kendaraan tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

      Hapus
  4. Aku pernah nemenin suami ganti ban di Planet Ban dan ternyata cepat banget pelayanannya trus alat-alatnya juga udah canggih banget, 10-15 menitan aja selesai.

    BalasHapus
  5. Kalau saya biasanya no 1 oli, lalu busi dan karbulator. Trus sekalian minta dibersihin body-nya hehe, mumpung. Planet ban lumayan bagus ya servisnya. Biasanya kalau gk sempet ke bengkel brand resmi motor jg ke Planet ban buat ngecekin mesinnya. Kudu rutin servis supaya awet.

    BalasHapus
    Balasan
    1. huum kak, oli memang sering diganti terlebih dahulu kalau motor matic biar gak mudah panas

      Hapus
  6. Ini penting diketahui agar tidak asal pakai motor
    Begitu juga dengan kemampuan merawat secara menyeluruh
    Supaya motor tetap awet

    BalasHapus
  7. Makasih banyak mbaa tipsnya, aku termasuk yang takut kalau naik motor sendirian dengan keadaan motor yang nggak baik hehehe pilih ngangkot kalau ada tips begini kan jadi makin hati2 dan cek ricek

    BalasHapus
  8. Gamau pindah ke bengkel yang lain lagi kalau gini. Mending service motor di Planet Ban biar motor seperti punya mesin baru , suara bersih, tarikan jadi lebih enteng, emisi turun lebih dari 70%, lebih hemat BBM. Wah...!!

    BalasHapus
  9. Seperti orang, motor sebaiknya rutin dicek supaya tahu kondisi fisiknya. Jangan sampai pas sibuk, ngambek pula di tengah perjalanan.

    BalasHapus
  10. Wah aku termasuk jarang servis motor tapi suamiku yang rajin tiap bulan pasti masuk bengkel dan aku cuma pake doang hehehe, tapi memang sih motor yang rutin di service tahan lama dan ngak pernah rewel meskipun udah lebih dari 10 tahun pakainya.

    BalasHapus
  11. Aku bukan termasuk pengguna motor aktif, ku taunya cuma service oli dan ban aja secara berkala. Ternyata banyak juga ya perintilan yang mesti lebih diperhatikan.

    BalasHapus
  12. Planet ban ini andalan kami untuk service dan ganti oli motor selama ini Kak. Service dan ganti oli berkala ini memang harus rutin dilakukan agar motor aman jaya dipakainya.

    BalasHapus
  13. Kendaraan memang harus rutin ya kak perawatannya, biar dipakainya tetap enak. Planet ban pelayanannya cekatan dan terpercaya, harganya juga bersahabat. Recommended.

    BalasHapus
  14. Saya juga baru tahu ternyata tidak hanya oli dan ganti ban saja.. ternyata banyak lagi ya

    BalasHapus
  15. Sama nih mba perkara oli aku serinh lupa. Apalagi aku motornya matic jadi perlu rutin banget ganti oli sama cek aki sih

    BalasHapus
  16. Ga punya motor dan ga tau mengendarai motor. Tapi apapun barangnya selalu harus dirawat dan jaga dengan baik. nice tips mba

    BalasHapus
  17. Suamiku juga biasanya kalo mengganti ban atau servis ringan ke planet ban. Dari segi biaya sih lumayan terjangkau dan sering ada promo yang tentu menguntungkan bagi konsumen

    BalasHapus
  18. aku jarang service motor euyyy
    baca artikel.ini jadi paham kan
    makasi ya

    BalasHapus
  19. Sebelum menikah, aku paling ngga 3 bulan sekali pergia ke servicean motor sendirian. beneran sih, emang kudu dicatet, 3 bulan lalu udah ganti apa ajaa, jadii pas ditawarin untuk ganti kita tahu itu kapan terakhir gantinyaa, jadi ga takut ketipu wkwkwk

    BalasHapus
  20. Aku tahunya Planet Ban itu cuma tempat jualan ban motor aja. Ternyata bisa servis juga ya? Nah nanti pas jadwalnya ganti oli paksu aku suruh ke sana deh daripada ganti oli sendiri di rumah dan bikin kotor garasi.

    BalasHapus
  21. aku termasuk jarang melakukan service motor termasuk ganti oli, kemarin hampir saja turun mesin karena oli tinggal sedikit sekali baru diganti hihi

    BalasHapus

Posting Komentar