Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Podcast IWITA Wedding Batak Exhibition 2024

Posting Komentar

 

Podcast IWITA Wedding Batak Exhibition 2024

Senang sekali pada Rabu, 24 April 2024, bisa bergabung di siaran langsung Podcast IWITA. Talk time kali ini mengangkat tema Wedding Batak Exhibition 2024 Helaparumaen X Chathaulos. Dengan dua narasumber yang mumpuni di bidangnya, Kak Martha Simanjuntak selaku CEO IWITA Kreatif & Owner Chathaulos dan Hongkia Doni Silalahi selaku Owner Helaparumaen yang akrab disapa kak Doni.

Talk time kali ini memberikan insight baru. Nara sumber yang muda ini berbagi cerita tentang keinginannya untuk mengenalkan budaya batak khususnya in weeding kepada dunia. Dengan menggaet pebisnis lainnya, kak Doni, pebisnis muda yang memiliki beberapa bidang bisnis dengan nama brand Helaparumaen optimis Wedding Batak Exhibition 2024 akan sukses.

Wedding Batak Exhibition 2024 akan digelar September mendatang dengan lima Budaya Batak dan pertama kali di Indonesia dengan tema Calon Helaparumaen na ditodo damang dainang yang berarti Calon menantu pilihan orang tua (bapak mama).

Dalam podcast IWITA tersebut kak Doni memaparkan ada lima Budaya Batak di Indonesia yaitu Batak Toba, Batak Simalungun, Batak Pak Pak, Batak Mandailing dan Batak Karo. Hmmm, tentunya sahabat idedan cerita penasaran ‘kan tentang budaya batak? Berikut pemaparannya secara umum.

Budaya Batak

Budaya batak itu unik. Kental dengan tradisi turun temurun yang merupakan kekayaan bangsa Indonesia. Suku Batak disebut berasal dari Melayu Tua, Asia Selatan, yang menetap pertama kali di Danau Toba, Sumatera Utara.

Kak Doni menambahkan ada Adat Istiadat, Upacara Tradisional, kuliner khas, serta kearifan lokal dapat dikenalkan ke dunia sebagai identitas dan ciri khas Indonesia. Sehingga jika disebut Batak, orang akan mengenal “Oh, Indonesia!”

Selain itu, dengan wedding Batak exhibition 2024, diharapkan adat istiadat terjaga dan akan terus dipersembahkan untuk generasi-generasi mendatang. Serta memudahkan pengantin untuk mengelar upacara pernikahan tradisional Batak dengan bantuan para pebisnis yang capable dibidangnya masing-masing.

So, wedding Batak Exhibition 2024 ini sebagai wadah mempertahankan akar budaya, dengan mempromosikan dan melestarikan warisan budaya, melalui acara-acaranya seperti festival budaya, pertunjukan tradisional, dan praktik kebudayaan. Event ini tentunya juga mendukung industri kreatif lokal, memperkenalkan generasi muda pada tradisi-tradisi budaya.

Promosikan keberagaman Budaya

Kak Doni menyampaikan “Wedding Batak Exhibition 2024 by Helaparumaen X Chathaulos” adalah yang pertama di Indonesia. Perhelatan ini akan digelar secara akbar tidak tanggung-tanggung. Tujuannya tidak lain adalah mempromosikan keberagaman Budaya Batak sebagai identitas Indonesia.

Ditengah gempuran era globalisasi yang dahsyat. Dimana alat komunikasi bekerja begitu cepat. Masyarakat mengalami perubahan. Namun, budaya Batak tetap mempertahankan identitasnya tanpa menutup pintu untuk pengaruh luar. Penggunaan teknologi, gaya hidup modern, dan ekonomi global tetap mengikuti arus, untuk nilai-nilai tradisional seperti gotong royong, kekeluargaan, dan kebanggaan akan warisan budaya tetap dipertahankan.

Hotman Siahaan mengatakan orang Batak telah dikenal sebagai suku yang kuat mempertahankan akar budayanya meski telah beradaptasi dengan berbagai jenis jaman dan kebudayaan, baik di tingkat lokal, regional, nasional, bahkan global.

Adat di Wedding Batak

Adat di Wedding Batak

Kak Martha Simanjuntak yang merupakan salah satu pendiri dari IWITA (Indonesia Women IT Awareness) mengungkapkan, “Adat di Batak, Lahir, menikah, meninggal, tidak boleh sembarangan.” Ada sebuah tantangan untuk menggelar perhelatan tersebut. Perhelatan itu pun bermakna menghormati orang tua serta sebagai martabat keluarga.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh teman-teman bisa hadir untuk konsultasi pada wedding Batak Exhibition. Seperti apa sih adat Batak? Bocoran nih, Ada adat besar dan ada adat kecil. Biasanya pada adat besar perlu dana dan perhelatan yang super keren. Event ini akan menjawab ya. Teman teman bisa hadir untuk bertanya langsung. Untuk para vendor selahkan bergabung dengan hubungi secara langsung.

 

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar