Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Yudi Efrinaldi Sosok Honorer yang Menjadi Pengusaha “Es Gak Beres”

Posting Komentar

 

Yudi Efrinaldi Sosok Honorer yang Menjadi Pengusaha “Es Gak Beres”
Sumber: @esgakberes

Aku sebagai honorer sangat merasakan gaji yang cendrung rendah membuat kami menghadapi berbagai kesulitan sehari-hari. Apalagi sekarang biaya hidup makin melambung. Ketidakpastian status pekerjaan kedepannya juga membuat kami harus berusaha lebih keras lagi tapi kami yakin rejeki kami pasti dijamin Allah.

Data resmi KemenPAN-RB mencatat teman-teman honorer ada sebanyak 2.355.092 orang pada tahun 2023. Dengan ketidakpastian status pekerjaan, honorer haruslah pintar-pintar mengambil side job agar kebutuhan terpenuhi. Iya ‘kan?

Yuk belajar dari sosok honorer pekerja keras yang mengambil langkah berani untuk menjadi pengusaha, Yudi Efrinaldi! Sebenarnya kita punya potensi. Bisa ciptakan kemandirian ekonomi. Tidak sekedar memenuhi kebutuhan sehari hari, bahkan seperti Yudi bisa membuka lapangan pekerjaan untuk orang lain. Gerai usahanya “Es Gak Beres” bahkan mencapai 500+ di seluruh Indonesia.

Bagaimana apakah kamu ingin transformasi seperti sosok Yudi Efrinaldi? Yuk intip kisah inspiratif berikut ini!

Mengenal Lebih Dekat Sosok Yudi Efrinaldi

Mengenal Lebih Dekat Sosok Yudi Efrinaldi
Sumber: @esgakberes

Yudi Efrinaldi lahir di Asahan 16 April 1989. Sosok muda inspiratif yang mengambil langkah berani memulai usaha. Konsepnya berwirausaha patut dicontoh dan diacungkan jempol. Tidak pelit dan sukses sendiri, ia kerap membagikan semangatnya lewat media sosial.

Sikapnya mematahkan perkataan, “bagaimana ya mau usaha tidak ada modal? Kalau tidak ada untung? Kalau gagal? Takut keluar dari zona aman, nih!”

Yudi sharing tentang ketika dia memulai usaha. Yang dia lakukan pertama kali adalah mengumpulkan keberanian. Berani. Harus berani memulai. Yang kedua, tidak butuh perencanaan panjang. Sat set sat set istilah anak milenia sekarang.

Lalu, yang ketiga butuh keahlian. Dengan bermodal kuota internet ia asah keahlian dengan menonton youtube. Menilik peluang usaha apa. Kkemudian yang keempat harus bersemangat sedangkan modal masuk nomor ke sekian. Hasilnya ia menjadi pengusaha sukses dengan memiliki cafe dan gerai “Es Gak Beres” hingga 500+.

Awalnya ia merintis usaha bubur ayam, yang dipasarkan di pinggir jalan dan sistem delivery. Kunci kesuksesannya adalah membaca situsasi dan peluang usaha. Muncullah  ide nyeleneh unik. Ide jualan “Es Gak Beres”. Terbuat dari aneka rasa buah-buahan asli. Ternyata banyak diminati, waktu itu langsung booming. Tidak hanya di Sumatera Utara tapi menjangkau luar daerah. Dan sampai viral ke daerahku, Jambi.

Untuk rasa Es Gak Beres enak dan segar banget. Viral dengan slogannya “Seger kali bah”. Khas bahasa Sumatera Utara, yang berarti segar sekali! Hal itulah yang membuat cepat viral dan disukai.

Es Gak Beres enak dan segar banget
Sumber:@esgakberes

Sosok Yudi Efrinaldi adalah sosok yang suka berbagi dan membangkitkan rasa berwirausaha, melalui media sosial kedua sikap tersebut ia tularkan. Ia juga seorang inisiator gerakan sedekah berjamaah dengan label sedekah keroyokan.

Hmmm, sepertinya perannya sebagai inisiator gerakan sedekah ini juga membuat usahanya semakin melesat naik. Omzet pengembangan di gerai cabang Es Gak Beres saja dapat digunakan untuk membangun sebuah Cafe dan Resto.Dengan memperkerjakan 10 orang pengelola cafe dan resto serta 40 orang karyawan di bidang produksi bahan baku.

Omzet “Es Gak Beres” juga tidak kalah menggiurkan yaitu 100 hingga 150 juta perbulan dari awalnya hanya Rp. 300 ribu hingga 1,5 juta rupiah.

Penutup

Falsafah jawa "obah mamah, ana dina ana upa" Siapa yang mau berusaha maka setiap hari ia akan mendapatkan rejeki, benar adanya. Sosok Yudi Efrinaldi telah membuktikan, asalkan mau bergerak berusaha pasti bertemu jalan rejeki. Dari yang awalnya seorang honorer dengan gaji yang belum dibilang layak, dapat menjadi usahawan sukses dengan membawa manfaat untuk banyak orang.

Tidak sampai disitu agar apa yang dilakukan menyebar luas, pada 2021, ia mengikuti Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards 2021. Berhasil setelah melewati penyeleksian yang ketat dari belasan ribu peserta.

Apresiasi Astra diperuntukan untuk anak bangsa terbaik yang memberi manfaat bagi masyarakat banyak di bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan, dan Teknologi, serta satu kategori Kelompok yang mewakili lima bidang tersebut. Yudi Efrinaldi sendiri memberi manfaat di bidang kewirausahaan.

Bagaimana? Kira-kira apakah kamu sudah mengumpulkan keberanian untuk melihat peluang? Semoga, next kita punya usaha dan menjadi Penerima Apresiasi Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards ya. Yuk bangkit honorer!

Sumber:

https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/perintis-es-gak-beres-yang-sangat-beres/

https://www.pohonketelamenulis.com/2022/11/es-gak-beres.html

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar