Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Penasaran Apa Sih Penyebab Bibir Hitam?

 

Penasaran Apa Sih Penyebab Bibir Hitam

Awal aku mengenal lipstick, sejak bekerja di suatu instansi. Katanya bibirku terlihat pucat, efeknya  kurang bersemangat seperti orang sakit. Terbujuklah untuk memakai lip. Awalnya aku makai yang berwarna pink. Tidak terlalu terlihat, hanya ada kesan bibir tidak kering.

Anehnya, makin hari bibirku terlihat gelap atau hitam ketika tidak memakai. Pikirku salah memilih jenis lip, tetap saja semakin gelap. Jadi penasaran apa sih Penyebab bibir hitam?

Menurut heystetik.com, Perubahan warna bibir yang aku alami bisa diakibatkan reaksi yang tidak diinginkan, termasuk peradangan dan iritasi atau alergi kontak terhadap kosmetika, lipstick, lipgloss, lipbalm, bahkan pasta gigi ataupun produk lain yang masih terdapat peluang untuk berkontak dengan area bibir.

Hmmm, apakah teman-teman ada cerita mengenai penyebab bibir hitam. Selain masalah bibirku yang kurang nyaman kontak dengan lipstick berikut ini penyebab Bibir hitam yang secara umum terjadi.

Suka Minum Kopi

Ternyata suka minum kopi bisa sebabkan bibir berwarna gelap atau bahkan hitam. Kira-kira kenapa ya? Apakah karena kopi berwarna hitam? Menurut beberapa sumber jika minum kopi bisa menyebabkan sering buang air kecil. Nah, ini menyebabkan dehidrasi. Akibatnya bibir jadi kering dan berwarna hitam. So, jika suka minum kopi hendaknya diimbangi minum air putih yang banyak agar tidak dehidrasi.

Merokok

Jika diamati perokok memang memiliki bibir berwarna gelap. Tidak hanya bibir, warna hitam juga meliputi gigi. Penyebabnya adalah Nikotin dan kandungan bahan kimia dalam rokok.  

Menggunakan Obat Tertentu

Riset menyimpulkan pemakaian obat-obat antibiotika (minosiklin), sulfonamid, NSAID, kemoterapi (doksorubisin, siklofosfamid), levodopa, karbamazepin juga dapat menyebabkan warna bibir gelap.

Memiliki Riwayat Penyakit

Pemilik riwayat penyakit seperti penyakit Addison, kelainan bawaan seperti sindroma Peutz-Jeghers dan Laugier-Hunziker dan infeksi HIV juga menyebabkan warna bibir berubah hitam.

Nah, itulah penyebab bibir hitam dari berbagai sumber. Setelah mencari tahu apa penyebabnya kita bisa mencari alternatif solusi agar bibir tidak berwarna hitam. Jujurly, bibir berwarna gelap menimbulkan rasa tidak nyaman. Selain kelihatan kurang cantik, bosan juga menjawab pertanyaan, “Lagi sakit ya, kok pucet?”

heystetik.com memberi saran, untuk melakukan hal-hal berikut ini:

  • Menjaga agar tidak terpapar langsung dari sinar UV matahari
  • Tidak mengganggu lapisan bibir, termasuk mengelupas lapisan bibir. Nah, tidak baik ternyata kebiasaan meletakkan pasta gigi lalu mengelupaskan lapisan bibir.
  • Jaga bibir dari dehidrasi. Sering minum air putih dan gunakan pelembab bibir seperti lip balm dengan SPF sebagai proteksinya.
  • Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung B12 agar tidak terjadi hiperpigmentasi. Serta jaga asupan makanan, penuhi untuk porsi vitamin dan mineral
  • Jangan merokok. Bagi perokok yang ingin bibir berwarna cerah obatnya adalah berhenti, butuh waktu hingga 3 tahun untuk mengembalikan.
  • Pilih lipstick yang baik. Tidak kadarluasa tidak mengandung logam berat, bahan ilegal serta dari risiko alergi. Dipentaerythritol fatty acid, ricinoleic acid, isopalmityl diglyceryl sebacate, ester gum, pentaerythritol rosinate, paraphenylenediamine.
  • Konsultasikan masalah bibir dengan dokter atau ahlinya agar memperoleh treatmen yang tepat.

Penutup

Bibir tidak hanya sebagai alat komunikasi. Jika bibir sehat tentu indikasi bahwa bagian tubuh lainnya juga sehat. Yuk jaga dengan baik.

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar