Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Reny Ayu Wulandari, Memajukan Pendidikan Suku Anak Dalam Melalui SEAD Jambi

Posting Komentar

 

Reny Ayu Wulandari, Memajukan Pendidikan Suku Anak Dalam Melalui SEAD Jambi

Sebagai seorang yang lahir dan tumbuh besar di Jambi, aku sudah tidak asing lagi dengan Suku Anak Dalam (SAD). Beberapa kali memang bersentuhan langsung dengan kehidupan mereka. Dulu ketika masih kuliah pernah terjun langsung untuk sosialisasi PEMILU 2019 di pemukiman suku anak dalam Batanghari.

Area tempat kami sosialisasi sudah lumayan tersentuh modernisasi, mereka sudah berbaur dengan masyarakat setempat, menikah dan tidak hidup dengan gaya hidup nomaden seperti yang mereka anut sebelumnya yaitu hidup berpindah-pindah untuk mencari makanan dan tempat tinggal. Sebaliknya, mereka tinggal di rumah-rumah yang disediakan pemerintah.

Sayangnya, tidak semua suku anak dalam tinggal dan menetap. Banyak juga yang kembali ke hutan.

Setelah mendapat cerita dari Reny Ayu Wulandari yang memajukan pendidikan suku anak dalam melalui SEAD Jambi. Terbesit dalam hati, “Kok aku gak sesemangat dia ya, dalam berkontribusi memajukan anak bangsa yang minoritas di Provinsi jambi tersebut!” Merasa malu pada diri sendiri. Seandainya waktu bisa diulang, ingin meniru semangat mbak Reny dalam memajukan anak-anak di sana.

Inilah cerita selengkapnya dari sosok Reny Ayu Wulandari yang memajukan pendidikan suku anak dalam melalui SEAD Jambi. Dengan membaca cerita ini, semoga menularkan semangat untuk terus berbuat kebaikan dimana pun berada, khususnya teman-teman seperjuangan yang berada di Provinsi Jambi. Yuk, sama-sama kita contek bagaimana Peran Reny Ayu Wulandari dalam dunia pendidikan.

Reny Ayu Wulandari Sosok Penuh semangat

Be focus, consistent, and indeed hard working. Siapapun kamu dan dimanapun kamu berada. Kamu pasti bisa menggapai mimpimu.

Reny Ayu Wulandari

Muda, cantik, ceria dan penuh semangat itulah sosok Reny, perempuan kelahiran Jambi 25 Oktober 1993 itu telah menjadi sumber inspirasi anak muda khususnya daerah Provinsi Jambi. Aktivis sosial yang ia galakkan mengangkat isu-isu kesejahteraan dan pendidikan Suku Anak Dalam.

Pendidikan yang diampunya tidak kaleng kaleng, setelah lulus dari Universitas Jambi. Ia berjuang dan semangat untuk mendapatkan beasiswa LPDP S2 di Universitas Wageningen, Belanda. Kini, ia mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan S3.

Semangat dalam memperjuangkan mimpinya memang patut diacungi jempol. Memberi ide kepada banyak perempuan di luar yang masih takut untuk menggapai mimpi. Katanya, 

Bebaslah dalam memilih menjadi versi terbaik dalam hidup!

Mimpi-mimpi tidak ia genggam sendiri. Ia kabarkan, sampai ke telinga suku anak dalam melalui gerakan SeedJambi.

Kepeduliannya pada dunia pendidikan membuat Reny dianugerahi:

  1. Sebagai pejuang kemanusiaan di salah satu program NET TV, yakni Lentera Indonesia, yang mendokumentasikan perjalanannya di Muara Medak, Musi Banyu Asin.
  2. Sebagai the winner Local Hero Award 2018 in Education dari PT Pertamina Persero Indonesia. Dengan memperjuangkan hak untuk pendidikan bagi sembilan anak adat yang mengikuti sekolah Paket A.
  3. Sebagai penerima anugrah Apresiasi ASTRA Pada tahun 2022 di bidang pendidikan.

Cerita Pendidikan di Suku Anak Dalam Jambi

Cerita Pendidikan di Suku Anak Dalam Jambi

Berawal dari keprihatinan terhadap suku anak dalam Jambi yang buta huruf. Sehingga mudah ditipu dan dieksploitasi oleh orang dari luar. Menurut Reny, pernah kejadian mereka suku anak dalam diminta menanda tangani sebuah lembar kertas yang katanya akan mendapat. Alih-alih bantuan yang didapat, mereka ditipu sehingga kehilangan hutan tempat mereka tinggal.

Untuk itu Reny yang merupakan alumni Pendidikan Matematika Universitas Jambi dan Mira Rizki Pardina Alumni Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya berinisiatif membentuk SEAD (Sobat Eksplorasi Anak Dalam) Sebuah komunitas yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan Suku Anak Dalam (SAD).

Dilansir dari seadjambi.com visi dari gerakan ini adalah  “Mengeksplorasi minat dan bakat dalam bidang pendidikan serta sosial bagi Suku Anak Dalam Jambi.” Dengan misi yang fokus pada:

  1. Menumbuhkan kesadaran pentingnya minat baca tulis terhadap Suku Anak Dalam Jambi
  2. Memberikan pembinaan serta pendampingan pembiasaan dalam pengembangan pendidikan Suku Anak Dalam Jambi
  3. Memberikan pembinaan serta pendampingan pembiasaan dalam pengembangan kreatifitas Suku Anak Dalam Jambi
  4. Membantu memfasilitasi kebutuhan pendidikan dan sosial Suku Anak Dalam Jambi
  5. Membantu anak-anak di Suku Anak Dalam Jambi yang putus sekolah untuk dapat melanjutkan sekolah lagi dan atau memberikan ujian paket.
  6. Menumbuhkan peran aktif pemuda Jambi dalam berkegiatan sosial dan peka terhadap permasalahan pendidikan serta sosial khusus berkenaan dengan Suku Anak Dalam Jambi

Reny serta rekannya diterima hangat oleh suku anak dalam Jambi. Setelah kurang lebih 7 bulan mereka hidup berdampingan di alam bersama suku anak dalam Jambi. Yang awalnya hanya beranggotakan dua orang saja, pada tahun 2020 Reny berhasil menebar semangat anak anak muda Jambi untuk ikut bergabung sebagai sukarelawan. Kini, memiliki ratusan volunteer.

Sesuai misi SEAD Jambi diatas, para relawan menjalankan Program Calistung, Paket A, Lembar Impian  (Pengenalan Profesi pada setiap Desa Binaan), Garagae Sale (Pengumpulan baju layak pakai dari donatur),  Jumat Berkah, Merchendise SEAD ( Pengadaan Merchendise Khas SAD seperti gelang sebelik sumpah, totebag dll) dan Celengan SEAD, serta memberi motivasi agar mereka memiliki cita-cita tinggi. Selain itu, juga menyalurkan berbagai donasi yang  dikumpulkan.

Untuk melaksanakan program benar-benar tidak mudah dibutuhkan semangat tinggi dan biaya akomondasi yang tidak sedikit, sebab jarak tempuh dari lokasi sangat jauh.

Belum lagi menghadapi kendala, warga suku anak dalam yang sebagian masih memegang kebudayaan atau adat istiadat aslinya. Yang cendrung hidup berpindah-pindah dan menjaga jarak dengan orang luar.

Tujuan dari hati akan diterima oleh hati, seiring waktu suku anak dalam merasakan manfaat dari program nyata yang Reny dan relawan SEAD Jambi lakukan.

Penutup

Teman-teman jika tergerak setelah membaca cerita tentang Reny Ayu Wulandari dalam Memajukan Pendidikan Suku Anak Dalam Melalui SEAD Jambi, bisa mengambil bagian dalam program mulia ini. Menjadi sukarelawan ataupun berdonasi secara langsung. Untuk aktifitasnya bisa dilihat di  Instagram : @sead_jambi atau @renyayuri ya

Sumber:

https://olret.viva.co.id/news/9685-reny-ayu-wulandari-penyelamat-suku-anak-dalam-sad-dari-buta-huruf-melalui-sead-jambi

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar