Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Gede Andika, Inisiator KREDIBALI yang Menginspirasi

Posting Komentar

 

Gede Andika, Inisiator KREDIBALI yang Menginspirasi

Pandemi COVID­19 yang sebelumnya melanda dunia. Mendorong sistem belajar yang berbeda, yaitu belajar dari rumah. Kegiatan online memiliki imbas yang posistif dan negatif. Tidak semua siswa bisa mengatur waktu dengan baik dalam mengerjakan tugas daring di rumah. Tidak semua siswa memiliki tempat belajar yang nyaman di rumah, dapat menyiapkan perangkat yang dibutuhkan termasuk ponsel serta tidak semua berjalan lancar.

Padahal waktu itu, Covid 19 tidak tahu kapan berakhir. Sementara sistem pendidikan harus terus berjalan. Benar kata Benjamin Franklin

Pendidikan adalah investasi yang tidak pernah kehilangan nilainya.

Dalam situasi apapun pendidikan tetap nomor satu. Situasi sesulit apapun akses pendidikan diperjuangkan. Sebab dengan pendidikan kualitas hidup seseorang akan meningkat dan akan mengurangi ketidaksetaraan sosial dan ekonomi.

Membuka akses pendidikan dapat membantu negara untuk maju, sebab generasi kedepannya akan lebih produktif dan kompeten, sehingga berkontribusi mendukung pertumbuhan ekonomi bangsa.

Adalah Gede Andika Wira Teja, seorang pemuda bangsa yang care terhadap dunia pendidikan di situasi pandemi. Ia berasal dari Desa Pemuteran, Kabupaten Buleleng, Bali.

Sebagai lulusan Magister Ekonomi di Universitas Gadjah Mada (UGM), ia memiliki banyak ide cemerlang. Salah satunya adalah mengadakan les Bahasa Inggris bagi anak-anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Bali, yang diberi nama Kreasi Edukasi Bahasa dan Literasi Lingkungan atau KREDIBALI.

Les ini sistem pembayarannya unik yaitu dengan  barter sampah plastik dari limbah rumah tangga. Kemudian, dari program tersebut Andika berhasil menerima penghargaan SATU Indonesia Awards tahun 2021.

Mengenal Program KREDIBALI yang Menginspirasi

Sebagai lulusan Magister bisa saja Andika memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan nyaman di kota. Namun semangatnya menebar kebaikan dan bermanfaat bagi daerah khususnya tempat dia berasal, Desa Pemuteran mendorong Andika untuk menjadi Inisiator KREDIBALI.

Sebagai penggalak literasi, adapun program KREDIBALI yang ia usung fokus pada:

Edukasi bahasa inggris

Edukasi bahasa inggris

Edukasi bahasa inggris sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris. Sehingga mendorong anak-anak setempat untuk berinteraksi dengan wisatawan. Mereka akan memiliki skill bagaimana mempromosikan budaya daerah setempat.

Seperti yang kita tahu Desa Pemuteran Kabupaten Buleleng, Bali, merupakan desa wisata.banyak wisatawan lokal dan global yang berkunjung setiap tahunnya. Melalui edukasi bahasa inggris yang ia gagas diharapkan anak-anak yang berada di sekitar dapat menguasai bahasa inggris secara aktif.

Edukasi lingkungan

Seiring dengan edukasi Bahasa Inggris, edukasi lingkungan juga diberikan. Jadi ceritanya anak-anak diperkenalkan dengan bagaimana menjaga lingkungan. Dengan memilah sampah plastik dan mana sampah organik anak-anak sambil belajar. Kemudian sampah plastik hasil dari rumah tangga dapat ditukarkan untuk pembayaran proses belajar edukasi bahasa inggris.

Lalu, sampah plastik yang sudah terkumpul dijual pada swadaya di Bali untuk ditukarkan dengan beras, hasilnya dibagikan kepada orang-orang yang membutuhkan. Wah, ide yang benar-benar berlian, lingkungan bersih dari sampah yang sulit terurai tersebut plus bisa ikut belajar bahasa inggris gratis dan berpeluang berbuat kebaikan.

Edukasi sosial

Pada program KREDIBALI, Andika juga mengedukasi nilai-nilai sosial. Sehingga nantinya diharapkan banyak generasi muda yang suka dan cinta akan kegiatan sosial seperti yang ia lakukan.

Bahkan ia mengakui demi membangun dan mengembangkan program sosial kemasyarakatan, ia rela tidak menerima tawaran beasiswa S2 di United Kingdom (UK). Dengan hidup di desakan, bergerak dan bersemangat akan banyak masyarakat yang merasa manfaat dari apa yang ia perjuangkan.

Penutup

Keberhasilan inisiatif dari Andika terlihat dari jumlah anak yang bergabung di kegiatan KREDIBALI, setiap tahunnya terus bertambah. Sekarang berjumlah 275 anak. Kemudian sebagai Inisiator, kesuksesannya juga terlihat dari jumlah orang yang telah dia bantu.

Gede Andika adalah salah satu contoh nyata, anak Indonesia yang memiliki semangat besar untuk membawa manfaat bagi masyarakat luas. Berbagai edukasi literasi yang ia ampu telah menginspirasi banyak orang. Semoga diteruskan dan menjadi sumber inspirasi untuk dapat berbagi. Baik pengalaman, ilmu dan harta.

Sumber:

https://blogsandarticles.astra.co.id/artikel/gede-andika-inisiator-edukasi-bahasa-dan-lingkungan-dari-bali

https://www.satu-indonesia.com/satu/satuindonesiaawards/finalis/penggerak-kreasi-edukasi-bahasa-dan-literasi-lingkungan-dari-desa-pemuteran/

 

 

 

 

 

 

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar