Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Mansetus, Pelopor Ambulans Motor Menjangkau yang Tidak Terjangkau

1 komentar

 

Mansetus, Pelopor Ambulans Motor Menjangkau yang Tidak Terjangkau

Ide dan cerita kali ini akan mengangkat sosok Mansetus Balawala. Seorang yang inspiratif, patut dicontoh semangatnya untuk kita semua. Pelopor ambulans motor, menjangkau yang tidak terjangkau untuk melayani warga yang membutuhkan.

Tokoh yang akrab disapa Mans itu mengobarkan semangat anak anak muda agar peduli terhadap orang lain. Bersama ambulans motor, mereka siap sedia untuk mengantarkan bidan desa dan paramedis untuk melayani masyarakat yang sangat sulit tersentuh fasilitas kesehatan.

Gerakannya tersebut membuat Mans menjadi salah satu penerima apresiasi SATU Indonesia Awards tahun 2010. Kategori kesehatan sebagai Pencetus Sepeda Motor Untuk Bidan Desa, asal daerah Nusa Tenggara Timur.

Bagaimana kisahnya? Yuk, baca hingga selesai cerita berikut ini agar menghadirkan ide cemerang serta berkontribusi positif untuk masyarakat.

Profil Mansetus

Profil Mansetus

Mansetus, memiliki nama lengkap Mansetus Kalimantan Balawala. Domisili di Larantuka, sebuah kota kecil di ujung timur Pulau Flores.

Ia menyaksikan banyak kasus ibu dan anak meninggal dunia akibat terlambat mendapat bantuan persalinan. Hal ini disebabkan medan Larantuka yang sulit ditempuh. Terletak di bawah kaki Gunung Mandiri, akses jalan berbatu dan berbukit-bukit, rumah penduduk yang berjarak cukup jauh sehingga memperlambat tindakan bidan dan para medis. Meskipun tidak dapat dipungkiri, alam Larantuka sangat memukau.

Berawal dari perhatian yang besar terhadap tingkat kematian ibu dan anak tersebut lahirlah ide untuk menaklukkan tantangan alam Larantuka yang indah namun belum tersentuh sarana pada waktu itu. Dengan menyediakan ambulans motor, tujuannya dapat menyisir dan bergerak cepat untuk memberikan bantuan persalinan ke lokasi yang sulit terjangkau.

Dalam waktu singkat, ambulans motor menjadi populer di tengah masyarakat Larantuka. Merasa keberadaannya sangat membantu dan mengurangi tingkat kematian ibu dan anak. Kemudian, Mansetus membuat Yayasan Kesehatan untuk Semua atau YKS Nusa Tenggara Timur.

Dibawah naungan yayasan, Mansetus dapat bergerak lebih luas dan merangkul banyak orang untuk bergabung. Saling bahu membahu, dengan semangat gotong royong, masyarakat dan team medis bergerak bersama, sehingga program ambulans motor berjalan dengan baik. Hasilnya, tahun 2012 angka kematian ibu dan bayi berhasil turun secara dratis.

Dibawah yayasannya, Mansetus juga menjalin kerja sama dengan Kedutaan Jepang di Indonesia, Shell Advance dan juga Motorcycle Outreach. Total ada 14 unit sepeda motor yang siap sedia bertugas. Dilengkapi dengan peralatan medis dasar seperti defibrillator, peralatan pernapasan, obat-obatan darurat, dan alat komunikasi.

Selain itu, program yayasan lainnya adalah memberi pelatihan bagi para petugas kesehatan agar dapat mahir dalam mengendarai sepeda motor. Tercatat ada 10 petugas medis yang siap diterjunkan hingga daerah yang sulit terjangkau.

Penutup

Nah, semangat Mansetus dari awal terbentuk ambulans motor hingga sekarang tahun 2023, masih bisa dirasakan oleh masyarakat banyak. Semoga semangatnya menyebar dan mengingatkan kepada kita bahwa peduli kepada orang lain adalah sikap yang sangat terpuji. Niat yang baik akan direspon baik pula oleh alam semesta sehingga dipermudah jalan untuk mencapainya.

Nilai kemanusiaan terutama menyelamatkan ibu dan bayi merupakan aksi positif yang tidak hanya akan dikenang masyarakat, atau isi dunia namun akan dilihat usaha ini oleh sang pencipta.

Untuk itu, semoga kita generasi muda setelah membaca cerita-cerita inspiratif seperti ini akan terbuka ide cemerlang untuk menjadikan diri ikut serta dalam aksi di kehidupan ini. Biarpun aksi kecil, sebab ...

Maka barang siapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan)nya

Terimakasih pada event penghargaan SATU Indonesia Awards oleh PT. Astra International, Tbk. Dengan program ini banyak kebaikan tersebar luas, semangatnya menular. Sehingga banyak generasi muda yang care terahadap orang lain.

 

 

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

1 komentar

  1. Semangat Mansetus sungguh luar biasa, dari ambulans motor hingga kini terus memberi dampak positif di masyarakat. Inspiratif banget

    BalasHapus

Posting Komentar