Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Temukan Ide Inspiratif Dharma Sucipto Tentang Jajanan Sehat Dalam Cerita Ini

Posting Komentar

 

Temukan Ide Inspiratif Dharma Sucipto Tentang Jajanan Sehat Dalam Cerita Ini

Luar biasa ya, di usia yang sangat belia Dharma Sucipto sudah membagikan ide berlian tentang jajanan sehat yang layak dikonsumsi oleh teman-temannya. Seumuran dia, dulu aku masih bingung memikirkan what do i want to be? Bingung memutuskan kuliah dimana nanti setelah tamat SMA? Pemikirannya benar-benar jauh dari anak-anak kebanyakan.

Disini nih menariknya, jadi penasaran ‘kan? Apa yang menyebabkan seorang Dharma Sucipto bisa memiliki pemikiran yang melompat lebih jauh, dan menjadi inspirasi anak muda? Kira-kira jajanan sehat seperti apa yang berhasil membuat dia mendapat penghargaan dari SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia Awards pada tahun 2012, kategori lignkungan yaitu sebagai penggiat jajanan sehat? Simak yuk cerita serunya berikut ini, semoga bisa menjadi ide untuk berbuat sesuatu yang menginspirasi sejak muda.

Jajanan Sehat

Secara fitrah, sebenarnya kita menginginkan sesuatu yang masuk ke dalam perut adalah yang sehat saja. Termasuk harapan para orang tua untuk anak-anak mereka di lingkungan sekolah, seyogyanya jajanan yang dikonsumsi adalah jajanan sehat.

Namun, minimnya jajanan sehat di lingkungan sekolah dan kurangnya edukasi tentang hal ini serta gencarnya iklan tentang makanan dan minuman yang beredar membuat anak-anak abai terhadap jajanan yang dikonsumsi.

Contoh kecilnya di sekolah tempatku bekerja. Pemandangan anak-anak sedang menikmati mi instan dan minuman berwarna sudah lumrah terlihat. Dari hari Senin hingga Sabtu, dua itu saja yang dikonsumsi. Sebagai selingan, mereka makan gorengan, makan snack, yang kita tahu mengandung banyak garam, penyedap rasa, pengawet, perisa, pewarna, dan mengandung banyak gula.

Jajanan sehat itu?

Bisa kita bayangkan selama kurun waktu, 6 tahun di bangku SD, diikuti 3 tahun SMP, 3 tahun di SMA jika sesuatu yang buruk itu masuk kedalam tubuh kita, lama kelamaan tubuh akan menjadi rusak atau sakit.

Bisa dibilang darurat jajanan sehat. Ikatan dokter Indonesia mencatat pada tahun 2023, kasus diabetes pada anak meningkat 70 kali lipat. Bagaimana tidak terjadi, yang dikonsumsi setiap hari jajanan yang tidak sehat dan pola makan yang tidak baik.

Ironisnya, tidak ada obat untuk diabetes yang diderita anak-anak yaitu diabetes tipe 1. Penderita hanya bisa dimanage gula darahnya dengan mengontrol pola makan.

Nah, alangkah baiknya kita intip penemuan Dharma Sucipto terkait makanan sehat.

Ide Inspiratif Dharma Sucipto 

Saat menemukan ide jajanan sehat Dharma Sucipto masih duduk di SMA Driyorejo 1, Gresik Jawa Timur. Berawal atas keprihatinan terhadap sang nenek yang terkena penyakit diabetes. Ia menyadari bahwa sumber penyakit nenek adalah makanan yang masuk kedalam tubuh. Untuk itu, ia ingin sekali berbagi terhadap teman-temannya tentang pola hidup sehat dan jajanan sehat.

Lantas ia membuat jajanan sehat dan bebas dari bahan pengawet, perisai, dan pewarna. Bersama teman-temannya, Dharma bisa mengkreasikan 20 menu jajanan sehat, berupa makanan dan minuman.

Niat baik Dharma mendapat sambutan baik, dari pihak sekolah. Bahkan, sekolah mau menyediakan lahan seluas 80 meter persegi sebagai tempat menanam bahan jajanan sehat.

Ide inspiratif Dharma dibantu dikembangkan di salah satu program ekstrakurikuler yang diadakan oleh SMA 1 Driyorejo, Gresik yang bernama Go Green Smandry bidang pertanian.

Teman-teman pastinya penasaran ‘kan? Jenis jajanan yang berhasil Dharma buat. Barangkali bisa di buat lebih variatif dan disesuaikan. Ada Pentol Ketela, Susu Jagung tanpa kandungan susu di dalamnya, Puding Jagung, Roti Selai Rosella dan lain-lain. Siapa tahu menjadi ide untuk di sebar luaskan agar bisa konsumsi jajanan sehat.

Ide tersebut bisa juga dikembangkan siapa tahu bisa menjadi peserta SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia Awards masa yang akan datang. Seperti yang kita tahu, program penghargaan yang diselenggarakan oleh PT. Astra International, Tbk setiap tahunnya ada.

Semakin banyak anak muda yang semangat berbagi ide dan kebaikan maka semakin banyak kontribusi untuk masa depan Indonesia lebih baik.

Penutup

Jajanan sehat adalah makanan atau camilan yang memiliki nilai gizi tinggi serta bermanfaat bagi tubuh, syaratnya makanan tersebut tidak mengandung banyak garam, penyedap rasa, pengawet, perisa, pewarna, serta mengandung banyak gula.

Teman-teman bisa buat jajanan yang sehat seperti hanya mengandung gula alami pada buah-buahan. Memang harus mengeluarkan cost yang lumayan. Kemudian kaya serat seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, dan sayuran.

Tantangan banget, kalau Dharma peduli pada jajanan sehat, kita juga harusnya peduli minimal pada diri sendiri untuk menyaring jajanan yang masuk ke lambung.

 

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar