Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

Kisah Inspiratif Siti Badariah Penggagas "Kampung Baca Tansal"

Posting Komentar

 

Kisah Inspiratif Siti Badariah Penggagas "Kampung Baca Tansal"

Sebuah buku adalah jendela menuju dunia, dan penggagas baca adalah pemilik kunci yang membuka pintu jendelanya

Dialah, Siti Badariah, seorang penggagas minat baca di kampung halamannya. Dusun kampung tengah RT 15 RW 03 Desa Tanjung Saleh.

Siti Badariah adalah sosok generasi muda yang memiliki semangat kuat dan berkarakter peduli terhadap sekitarnya. Ia percaya, membaca adalah cara satu satunya untuk memperluas pengetahuan dan wawasan seseorang. Dengan membaca, seseorang menjadi pintar, diangkat derajatnya dan paham terhadap topik, budaya, dan pandangan yang berbeda.

Kisah inspiratif Siti Badariah bermula dari ketidaksengajaannya saat berkunjung ke kantor Desa bersama sang  ibu saat mengikuti acara maulid Nabi Muhammad SAW, dia melihat banyak buku di perpustakaan kantor desa, ada sekitar 2000 buku. Dalam hatinya bergumam, buku ini pastinya akan banyak yang baca jika tidak diletakkan di dalam kantor desa.

Akhirnya, Ia meminta ijin kepada pihak berwenang yaitu kepala Desa untuk memindahkan buku tersebut di rumah orang tuanya, sehingga masyarakat mudah akses ke buku-buku tersebut tanpa rasa sungkan dan ragu.

Maka terbentuklah “Kampung Baca Tansal”, Tansal sendiri singkatan dari nama desa Tanjung Saleh. Yang tujuannya sangat jelas yaitu meningkatkan minat baca masyarakat.

Tidak ada yang kebetulan di dunia ini, dan tidak ada pula yang sia-sia dalam setiap ikhtiar (usaha).

Wijayanto

Niat baik Siti Badariah (26) untuk menumbuhkan minat baca tidak sia-sia. Kampung Baca Tansal menghantarkan namanya menjadi populer dan berhasil meraih penghargaan dari Semangat Astra Terpadu Untuk (SATU) Indonesia Awards tahun 2021. Dengan membaca kisah inspiratif ini dapat memotivasi seseorang untuk melakukan hal positif yang sama. So, baca sampai selesai yuk!

Kampung Baca Tansal

Kampung Baca Tansal

Kehadiran Kampung Baca Tansal didukung oleh pemerintah daerah setempat sebab programnya seperti menjalankan berbagai program pemerintahan, khususnya di bidang literasi dan digitalisasi.

Sejak berdirinya, tidak hanya anak-anak yang mengunjungi “Kampung Baca Tansal”. Dengan program-program yang Siti Badariah buat, orang dewasapun ikut berkecipung di dalamnya. Seperti adanya program BBQ atau Bimbingan Belajar Quran untuk anak-anak dan orang dewasa, yang langsung bekerja sama dengan LPTQ atau Lembaga Pengkajian Tafsir Al-Quran, yang memberikan pembelajaran Al Qur’an secara berkesinambungan. Program ini juga memberi pondasi agar masyarakat bisa melakukan kewajibannya sebagai umat Muslim yang baik.

Seiring waktu, dengan program yang banyak dan memberi imbas ke masyarakat luas akhirnya Kampung Baca Tansel, menjadi Yayasan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM).

Siti Badariah tidak sendiri ia dibantu para relawan Kampung Baca Tansel. Siapa saja punya kesempatan untuk ikut berbagi kebaikan. Dia membuka perekrutan volunteer. Para volunteer ini yang kemudian menjadi role model atau contoh positif untuk gemar membaca secara aktif serta menjadi motivator untuk menjadikan membaca menjadi sebuah rutinitas.

Kedepannya semoga Kampung Baca Tansal dapat  berperan dalam banyak sektor, tidak hanya di bidang pendidikan, tetapi juga, pariwisata, UMKM, dan sebagai salah satu wadah pencegah menyebarnya informasi hoaks di tengah masyarakat yang mudah meluas sekarang ini.

Penutup

Kisah Inspiratif Siti Badariah Penggagas "Kampung Baca Tansal" setidaknya mengingatkan kita generasi muda untuk peduli kepada lingkungan dan melihat peluang apa yang bisa kita lakukan untuk berbuat kebaikan. Kedua, memudahkan akses ke bahan bacaan bisa meningkatkan minat baca masyarakat banyak. Ketiga, yakinlah setelah ada seorang penggagas, akan banyak sukarelawan yang mau membantu.

Kisah ini menginspirasi kita genersi muda untuk semangat bergerak, semangat berbuat, berani memiliki mimpi untuk kepentingan masyarakat luas. Untuk melihat aktivitas positif lainnya dapat mengunjungi instagram @kampungbacatansal

 

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar