Laporkan Penyalahgunaan

Widget HTML #1

Widget HTML (label produk)

Widget HTML (label jasa)

Widget HTML #3

9 Rekomendasi Menu Takjil untuk Berbuka Puasa

9 Rekomendasi Menu Takjil untuk Berbuka Puasa

Setiap memasuki bulan Ramadan, ada banyak hal yang dipersiapkan. Mulai dari persiapan untuk menjalani ibadah hingga persiapan untuk mudik ke kampung halaman. Meskipun Lebaran masih lama, mempersiapkan rencana mudik jauh-jauh hari akan lebih menguntungkan. Biasanya jauh sebelum musim mudik, harga tiket pesawat murah, begitu juga dengan tiket kereta api.

Selain berkaitan dengan ibadah dan mudik, saat memasuki bulan Ramadan kaum ibu biasanya mulai mempersiapkan menu takjil apa saja yang akan dihidangkan untuk keluarga. Membuat takjil di rumah tentunya akan jauh lebih hemat dibandingkan setiap hari harus beli.

Umumnya menu takjil yang dihidangkan adalah makanan dan minuman manis. Selain itu ada juga buah-buahan seperti kurma atau makanan dengan cita rasa gurih. Bagi kamu yang masih bingung menentukan menu takjil untuk keluarga, berikut ini ada beberapa rekomendasi yang bisa jadi referensi kamu!

Kurma

Buah kurma merupakan salah satu menu takjil favorit. Selain praktis, mengonsumsi kurma saat berbuka puasa sangat baik untuk kesehatan. Buah ini mengandung gula, karbohidrat, serat, dan antioksidan alami. Kandungan gula pada kurma dapat memulihkan energi setelah berpuasa dengan cepat.

Mengonsumsi kurma saat buka puasa juga merupakan salah satu sunnah Nabi Muhammad SAW. Jadi, selain sehat mengonsumsi kurma saat berbuka juga mempunyai nilai ibadah.

Es Pisang Hijau

Saat berbuka puasa, sebagian masyarakat cenderung mencari makanan dan minuman yang segar serta manis. Salah satu pilihannya adalah es pisang hijau. Menu yang satu ini sangat cocok untuk kamu yang menginginkan minuman segar dan manis.

Es pisang hijau merupakan minuman tradisional dari Makassar, Sulawesi Selatan. Minuman ini terdiri dari pisang yang dibalut dengan dadar hijau, sirup, mutiara, kuah kental, dan santan. Jenis es yang digunakan adalah es serut atau es bongkahan. Meskipun minuman tradisional Makassar, namun kamu bisa menemukannya dengan mudah di kota-kota besar di Tanah Air.

Es Buah

Es buah merupakan salah satu menu takjil yang banyak disukai masyarakat Indonesia. Selain menyegarkan, dalam satu porsi es buah ada banyak jenis buah yang mengandung banyak nutrisi. Mengonsumsi minuman ini dapat membantu menutrisi tubuh agar tetap selalu sehat. Satu hal yang perlu diperhatikan, saat membuat es buah, upayakan untuk menggunakan satu jenis pemanis saja, seperti gula atau sirup. Jika ingin lebih sehat, kamu bisa mencampurkan madu, perasan lemon, dan sedikit susu.

Kolak

Menu takjil yang satu ini sangat identik dengan bulan Ramadan. Rasanya yang manis membuat banyak orang yang memilih menu ini sebagai teman berbuka puasa. Jenis kolak yang sering ditemukan saat bulan puasa ada banyak, diantaranya kolak pisang, kolak ubi, kolak biji salak, dan kolak singkong.

Cara membuat hidangan ini juga cukup mudah, kamu hanya perlu menyiapkan bahan utama, seperti pisang dan ubi, lalu masak dengan santan dan gula merah.

Es Cendol

Selain es buah, es cendol juga merupakan salah satu minuman segar yang banyak dipilih saat berbuka puasa. Minuman ini terdiri dari cendol hijau, es, santan, gula, dan mutiara. Untuk cendol hijau, saat bulan Ramadan kamu akan sangat mudah mendapatkannya di pasar.

Pisang Coklat

Pisang coklat juga cocok jadi menu takjil buka puasa. Camilan manis ini bisa menjadi menu pembuka sebelum masuk ke hidangan utama. Sesuai dengan namanya, makanan ini terbuat bahan dasar pisang dan coklat yang dibalut dengan kulit lumpia. Balutan tersebut kemudian digoreng dengan minyak panas. Saat mengonsumsi ini, kamu akan merasakan sensasi lumer dalam mulut. Selain isian coklat, biasanya orang juga menggunakan isian keju, ketan, dan meses.

Martabak Tahu

Rekomendasi menu takjil selanjutnya adalah martabak tahu. Makanan yang termasuk goreng-gorengan ini cukup disukai masyarakat. Makanan ini terbuat dari campuran kulit lumpian, tahu putih, telur, potongan daun bawang, garam, dan gula. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan cabe rawit atau sambal saat memakannya.

Risoles

Masih berhubungan dengan goreng-gorengan, risoles juga jadi salah satu menu andalan saat buka puasa. Makanan ini terbuat dari campuran telur ayam dan sayuran sebagai isian. Sementara untuk kulitnya dibuat secara terpisah. Satu hal yang menjadi daya tarik dari makanan ini adalah sensasi kriuk di bagian luar yang berasal dari tepung roti.

Aneka Gorengan

Bagi sebagian orang, gorengan menjadi menu wajib saat berbuka puasa. Apalagi jika dikonsumsi bersama yang segar-segar, seperti es buah, es the manis, dan es cendol.  Jenis gorengan yang banyak dikonsumsi, diantaranya gorengan tempe, tahu, bakwan sayur, bakwan jagung, dan pisang goreng.

Itulah beberapa rekomendasi menu takjil untuk berbuka puasa. Selain pilihan menu di atas, masih ada banyak lagi menu makanan lain yang bisa jadi teman kamu saat berbuka puasa.


Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com

Related Posts

Posting Komentar