Laporkan Penyalahgunaan

Cara Mengatasi Aplikasi Tidak Menanggapi Pada Smartphone

 

cara-mengatasi-aplikasi-tidak-menanggapi-pada-smartphone

Penggunaan kapasitas memori yang berlebih dapat menyebabkan kinerja ponsel menjadi lebih lambat. Biasanya, saat kinerjanya menurun, aplikasi akan mengalami not responding saat dioperasikan. Jika ini terjadi, berikut cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi yang bisa diikuti.

Bersihkan Semua Cache Dalam Ponsel

Cara pertama adalah dengan membersihkan semua cache dalam ponsel. Cache bisa diartikan sebagai file sampah dan tidak bisa hilang dengan sendirinya. Oleh karena itu, cache akan memenuhi ruang penyimpanan apabila tidak dilakukan pembersihan secara berkala.

Banyak aplikasi yang bisa membersihkan seluruh cache dalam smartphone secara gratis. Anda bisa mendownloadnya di PlayStore dengan mudah. Meskipun bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga, lebih baik jika Anda melakukan pembersihan cache secara manual untuk hasil yang maksimal.

Cara manual ini dilakukan dengan masuk di pengaturan ponsel, kemudian masuk ke bagian aplikasi/aplikasi terpasang. Buka setiap aplikasi dan bersihkan semua cache di dalamnya satu persatu.

Tutup Semua Aplikasi Yang Tidak Digunakan

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi yang kedua adalah dengan menutup semua aplikasi yang digunakan. Biasanya, setelah menggunakan beberapa aplikasi sekaligus, para pengguna sering tidak menutup tab aplikasi yang baru saja digunakan.

Hal ini terlihat sepele namun memiliki efek yang penting pada kinerja smartphone karena pada dasarnya aplikasi di latar belakang tetap berjalan. Oleh karenanya, jika tab recent aplikasi tidak dibersihkan dan Anda langsung menekan tombol home, ini akan membuat sistem bekerja lebih berat.

Sebagai langkah antisipasi, Anda perlu menutup semua tab aplikasi yang sudah selesai digunakan dari tab recent app. Dengan demikian, saat ponsel dalam kondisi terkunci tidak ada aplikasi yang berjalan di latar belakang, sehingga sistem perangkat juga menjadi lebih ringan.

Jangan Memaksa Kinerja Smartphone

Cara ketiga yaitu membatasi kinerja smartphone yang dimiliki. Apabila terlalu dipaksa untuk bekerja secara berlebihan tentu akan menimbulkan dampak jangka panjang yang tidak baik. Umur smartphone akan semakin pendek dan rawan mengalami kerusakan sistem yang parah.

Jangan pernah memaksa penginstalan aplikasi apapun yang tidak direkomendasikan oleh developer untuk menghindari kegagalan sistem. Hal ini dapat menyebabkan perangkat Anda macet bahkan mati total dan tidak bisa digunakan kembali. Tentu Anda tidak ingin ponsel cepat rusak bukan?

Beberapa aplikasi yang membutuhkan tenaga besar di antaranya seperti aplikasi editing video, animasi, desain grafis, recording multitrack, DAW smartphone, dan sejenisnya. Jika smartphone Anda tidak memiliki prosesor dan RAM yang memadai, usahakan untuk tidak menggunakan jenis aplikasi tersebut.

Restart Ulang Smartphone

Cara yang terakhir adalah dengan merestart ulang smartphone Anda. Merestart disini pun memiliki beberapa tingkatan yang menyesuaikan dengan kondisi perangkat. Tahapan pertama adalah dengan mematikan dan menyalakan kembali smartphone.

Jika tahap pertama tidak membawa perubahan, maka Anda perlu ke tahapan selanjutnya, yaitu menghapus keseluruhan setelan ke pengaturan bawaan pabrik. Cara ini akan menghilangkan semua kustomisasi pengaturan dan ponsel akan kembali ke pengaturan perangkat baru.

Apabila tahap kedua juga tidak membawa perubahan, maka gunakan cara terakhir untuk mengembalikan kinerja sistem perangkat Anda. Caranya adalah dengan menghapus semua data dan pengaturan di smartphone ke bawaan pabrik, sehingga smartphone Anda seperti keadaan baru lagi.

Cara mengatasi aplikasi tidak menanggapi di atas merupakan solusi ketika smartphone sudah dalam kondisi lemah. Usahakan menggunakan smartphone pada ambang kewajaran sehingga tidak mengalami kerusakan sistem. Jika sampai terjadi, hal ini tentu akan merugikan Anda sendiri.  

Ide dan Cerita
Tempat sharing ide agar menjadi cerita untuk anak cucu. Untuk kerja sama bisa contact momblogger45@gmail.com
Lebih baru Terlama

Related Posts

Posting Komentar